Berencana Menikah. Tetapi Mengapa Selalu Gagal?

gagal nikahJika dua hati telah bersatu, pertanyaan seperti “mau dibawa kemana hubungan kita?” cepat atau lambat akan muncul juga, terutama jika Anda dan pasangan sudah dalam usia yang cukup pantas untuk menikah dan sudah cukup lama menjalin hubungan percintaan.

Tabungan sudah mencukupi dan Anda berdua pun telah sepakat untuk membawa hubungan percintaan kalian ke dalam hubungan yang lebih serius yaitu pernikahan. Karena itu segala macam persiapan pun mulai dilakukan.

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan batalnya acara pernikahan. Dalam beberapa kasus yang ekstrim, bahkan ada pula yang batal menikah di hari H pernikahan. Padahal Anda juga bukannya dijodohkan dengan calon suami Anda. Mengapa rencana pernikahan Anda bisa gagal? Bahkan tidak hanya sekali, namun berkali kali rencana pernikahan Anda selalu saja gagal. Apa penyebabnya?

1. Mendadak ragu
Salah satu sindrom menjelang upacara pernikahan yang bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani adalah perasaan ragu-ragu. Perasaan ini tak jarang muncul dalam hati dan pikiran calon mempelai, terutama karena selama ini Anda merasa bisa meyakinkan diri kalian bahwa memang dia lah jodoh Anda.

Begitu pula dengan pasangan anda, yang merasa Anda lah jodohnya. Namun, perasaan ragu dan takut mulai muncul karena bagi kebanyakan orang, jika memang tidak semua, pernikahan adalah upacara sacral yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Bayang bayang akan hidup bersama selamanya itu lah yang mungkin menimbulkan keraguan dan akhirnya membuat banyak rencana pernikahan yang gagal dilaksanakan.

2. Merasa belum siap
Perasaan belum siap tidak hanya bisa muncul dalam diri calon mempelai yang berusia muda saja, namun bisa saja terjadi di semua kalangan. Apalagi, jika memang Anda atau pasangan Anda masih memiliki jiwa muda dan masih ingin bersenang senang dalam status lajang tanpa kewajiban untuk bertanggung jawab pada suami atau istrinya. Mungkin awalnya Anda berdua yakin telah siap untuk menikah karena sudah saling mencintai, namun bisa saja di detik detik terakhir mulai muncul perasaan ketidak siapan dalam berumah tangga.

3. Keluarga
Faktor keluarga juga merupakan salah satu faktor yang bisa membuat gagalnya rencana pernikahan. Berbeda dengan yang terjadi di manca negara, di Indonesia sendiri pernikahan sama dengan penyatuan dua keluarga. Mungkin pada awalnya Anda merencanakan pernikahan berdua saja dengan pasangan Anda. Namun kemudian setelah rencana ini dibawa ke keluarga besar masing masing, mulai timbul permasalahan baik dari pihak keluarga Anda maupun pasangan Anda.

Perbedaan latar belakang dan status sosial merupakan pemicu utama batalnya pernikahan yang disebabkan oleh faktor keluarga. Selain itu, bisa saja sebelumnya Anda atau pasangan Anda tidak terlebih dahulu melakukan pendekatan pada keluarga masing masing, sehingga setelah menjelang hari H, baru timbul ketidakcocokan antara calon menantu dengan calon mertua.

4. Perbedaan keyakinan
Mungkin pada awalnya Anda berdua merasa perbedaan keyakinan bukanlah masalah. Namun setelah upacara pernikahan sudah di depan mata, tiba tiba muncul pikiran bahwa perbedaan keyakinan, seperti beda agama atau ideologi, sering kali bisa menimbulkan perselisihan dan sulit dicari jalan tengahnya. Karena itulah rencana pernikahan pun gagal.

5. Timbul masalah atau pertengkaran dengan pasangan
Karena ribetnya mengurusi pernak pernik upacara pernikahan karena menginginkan acara yang sempurna, malah justru memicu pertengkaran sehingga masing masing pihak mulai mempertanyakan baik buruknya keputusan kalian untuk menikah. Jika sebelum menikah saja sudah ribet hingga timbul pertengkaran, bagaimana nanti?

Paket Pernikahan dan Wedding Organizer Profesional dan Recomended Di Yogyakarta.
Klik www.mantenyogya.com, dapatkan free konsultasi, dan cashback senilai 1Jt Rupiah.

 

Anda ingin berlangganan artikel kami Via Email? Silahkan masukkan alamat email anda. Lalu tekan tombol 'berlangganan' ikuti petunjuk selanjutnya. Lalu cek di inbox/bulk email anda.


https://lh5.googleusercontent.com/-130LoXHsChU/U1TG-CaUyXI/AAAAAAAADNE/4Jcm8pYElTU/s508/wedding.gif

http://artikelpernikahan.com/camilan.gif

  • http://artikelpernikahan.com/hamilnikah.gif

    http://artikelpernikahan.com/bannercinta.gif

    http://artikelpernikahan.com/wp-content/uploads/2017/03/bakpia.gif


    artikelpernikahan.com

Artikel Yg Perlu Juga Di Baca :close