Bicarakan Rencana Pernikahan Dengan Orangtua

rencana pernikahanRencana pernikahan biasanya pertama kali disampaikan kepada pasangan. Niat tersebut pastinya akan disambut dengan baik oleh pasangan jika memang sebelumnya tidak ada masalah yang mengganggu jika mereka melangsungkan pernikahan. Sebelum melakukan pernikahan, pastinya memberitahu kepada orangtua dari kedua pasangan.

Walaupun mungkin kedua keluarga sudah cukup mengenal satu sama lain tetapi bukan berarti rencana pernikahan tidak perlu dibicarakan atau disampaikan dengan baik kepada kedua keluarga. Membicarakan pernikahan kepada orangtua bukanlah hal sederhana yang dapat disampaikan dalam keadaan yang santai.

Mungkin jauh sebelumnya, pernikahan sudah menjadi pembicaraan antara anak dan kedua orangtua dan pada waktu tersebut mungkin kita terlihat lebih santai, lebih rileks tanpa beban. Tetapi ketika ingin memutuskan untuk menikah dengan pasangan kita, mungkin ini akan menjadi hal yang membahagiakan sekaligus membuat grogi untuk menyampaikannya. Mungkin beberapa hal berikut mampu membantu untuk menyampaikan rencana pernikahan kepada orangtua, antara lain:

Ajak Pasangan Ketika Menyampaikan Niat Menikah
Ketika Anda dan pasangan Anda ingin menyampaikan rencana Anda berdua untuk menikah, ada baiknya jika ketika membicarakan pernikahan kepada orang tua, Anda mengajak pasangan Anda ketika menyampaikannya.

Karena hal tersebut merupakan salah satu sebagai tanda bahwa Anda serius dengan keputusan untuk menikah, dan orangtua Anda juga mampu menilai kalau pasangan Anda juga serius untuk menikahi Anda.

Tanyakan Kepada Orangtua Kapan dapat Membicarakannya
Terkadang orangtua juga memiliki kesibukan sendiri. Jadi tanyakan terlebih dahulu, kapan waktu yang tepat untuk membicarakan niat pernikahan tersebut. Kalau bisa, waktu yang memang meraka tidak sedang ada kegiatan lain, karena nantinya pembicaraan tidak akan berjalan dengan baik.

Sampaikan dengan Sopan
Mungkin orangtua sudah mengetahui kalau kita berniat untuk menikah dengan pasangan. Tetapi kembali mengatakan niat kita dengan cara yang lebih sopan mungkin dapat memperkuat penilaian orang tua kalau kita memiliki niat yang serius untuk menikah.

Pertemukan kedua keluarga besar
Hal yang dilakukan setelah menyampaikan niat menikah kepada masing-masing orangtua, mungkin cara berikutnya adalah mempertemukan kedua keluarga besar. Hal ini dimaksudkan untuk memperkenalkan kedua keluarga sekaligus membicarakan rencana pernikahan lebih lanjut.

Pernikahan memang bukan hal yang dapat diremehkan setiap perkembangannya, termasuk dalam membicarakan kepada orang tua. Orangtua memiliki peranan penting dalam lancarnya pernikahan, karena restu mereka yang mampu mengantar pasangan ke pernikahan.

Ada orangtua yang belum memberikan restu, bukan karena mereka tidak menyetujuinya tetapi bisa saja mereka masih punya tanggung jawab yang perlu mereka selesaikan, pendidikan anaknya mungkin. Seseorang masih dalam masa pendidikan, tetapi sudah ingin menikah, itu yang terkadang membuat orangtua meminta untuk menunda pernikahan.

Kalaupun orangtua tidak setuju dengan alasan yang kurang jelas, ada baiknya meminta penjelasan yang pasti, karena tanpa restu orangtua, pernikahan yang terjadi akan menjadi beban tersendiri bagi pasangan. Tidak ada niat orangtua yang buruk, mereka hanya menjaga anaknya agar tidak salah dalam memilih pendamping yang nantinya akan menemani kita seumur hidup.

Paket Pernikahan dan Wedding Organizer Profesional dan Recomended Di Yogyakarta.
Klik www.mantenyogya.com, dapatkan free konsultasi, dan cashback senilai 1Jt Rupiah.

 

Anda ingin berlangganan artikel kami Via Email? Silahkan masukkan alamat email anda. Lalu tekan tombol 'berlangganan' ikuti petunjuk selanjutnya. Lalu cek di inbox/bulk email anda.


https://lh5.googleusercontent.com/-130LoXHsChU/U1TG-CaUyXI/AAAAAAAADNE/4Jcm8pYElTU/s508/wedding.gif

http://artikelpernikahan.com/camilan.gif

  • http://artikelpernikahan.com/hamilnikah.gif

    http://artikelpernikahan.com/bannercinta.gif

    http://artikelpernikahan.com/wp-content/uploads/2017/03/bakpia.gif


    artikelpernikahan.com

Artikel Yg Perlu Juga Di Baca :close