Etika Bertengkar Anda dan Pasangan

ceksok pacarDalam menyelesaikan masalah dengan pasangan, bukan berarti Anda hanya fokus dengan masalah yang ada. Tetapi sangat diperlukan strategi yang tepat dalam menghadapi situasi agar masalah selesai tanpa hadir masalah baru.

Ketika hubungan anda dengan pasangan sedang dalam kondisi siaga satu, tak jarang salah langkah dapat menambah ruwet masalah. Selain itu, tak jarang juga pasangan bertengkar di muka umum sehingga mengganggu kenyamaan orang-orang yang berada di sekitarnya.

Sadar atau tidak, bagaimana Anda dan pasangan bertengkar ini dapat memengaruhi banyak hal, yaitu kenyamanan orang-orang yang ada di sekitar Anda, dan tentu saja kelanjutan hubungan Anda dengan si dia. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan rambu-rambu dalam pertengkaran dengan pasangan sebagai berikut:

1. Jadilah pendengar yang baik
Biasanya, ketika bertengkar dengan pasangan emosi seringkali tidak terkontrol dan terjadi perdebatan yang sengit mengenai siapa yang benar dan siapa yang salah. Hal ini akan membuat hubungan Anda dengan pasangan menjadi semakin tidak sehat. Cobalah untuk mengalah dan diam sejenak untuk mendengarkan pasangan Anda meskipun kurang sepakat dengan apa yang disampaikannya dan berpikir dengan kepala dingin. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pasangan tidak bahagia karena saling bersautan setiap terjadi keributan dan kurang mendengarkan satu sama lain. Jika terus seperti ini, Anda tidak akan menemukan solusi.

2. Berhenti Memberikan Ultimatum
Poin ini adalah yang sering dilakukan wanita setiap ribut dengan pasangannya, yaitu membuat sebuah ultimatum “putus” atau “Jangan temui aku lagi”. Hey, bersikaplah dewasa. Jujur saja, Anda mengeluarkan ultimatum tersebut hanya untuk menakut-takuti pasangan, kan? Kalau respon pasangan sesuai dengan yang diharapkan itu adalah suatu keberuntungan Anda. Tapi bagaimana jika si dia justru sudah terlanjur malas menghadapi ultimatum Anda dan berkata “Oke, kalau itu yang kamu mau”. CLEO yakin Anda juga pasti akan merasa kecewa berat dan patah hati. Untuk itu, stop melakukan ultimatum karena pasangan Anda bukanlah karyawan Anda. Akan lebih baik jika Anda fokus pada inti masalah dan tidak terbawa suasana.

3. Berusahalah Tenang
Tariklah nafas selama beberapa menit jika muncul perasaan ingin ‘meledak’. Atau jika perlu, Anda bisa pergi ke ruangan lain untuk melepaskan emosi tersebut di sana. Setelah merasa tenang dan benar-benar plong, Anda boleh kembali menemui pasangan dan menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Selain itu, ucapkanlah apa yang Anda sampaikan dengan lembut, sehingga pasangan Anda yang sedang berapi-api tidak semakin terbakar. Disamping itu, orang di sekitar Anda juga tidak perlu tau, kan kalau Anda sedang bertengkar?

4. Berinsisiatif Menyelesaikan Masalah
Jangan selalu jadi orang yang menunggu buah jatuh dari pohonnya. Jika memang kondisi hubungan Anda dan dia sedang genting dan tak kunjung datang inisiatif dari si dia, mungkin inilah saat yang tepat untuk Anda yang memulai terlebih dahulu. Ajaklah pasangan bertemu dan katakan bahwa hubungan kalian sedang dalam masalah. Usaha Anda ini dapat membantu hubungan bertahan lama.

5. Jangan Mengungkit Masalah Lain
Bahaslah hanya masalah yang sedang dihadapi. Pilih hal yang penting untuk Anda dan pasangan beradu argument. Jangan sampai terpancing untuk mengungkit-ungkit masalah lama. Bila semua masalah diributkan, hanya akan membuang waktu dan tenaga Anda. Jika memang ada masalah baru, lebih baik disampaikan dalam beberapa hari ke depan.

6. Jangan Bertengkar di Media Sosial
Sebisa mungkin jangan show off tentang masalah Anda dan pasangan di media sosial. Belakangan ini ada dua cara bertengkar baru yang sangat tidak etis, yaitu bertengkar dengan saling mention lewat twitter atau berbalas komentar di facebook, sehingga semua orang mengetahuinya. Hello…cara ini membuat Anda dan pasangan seperti tokoh dalam buku novel yang dibaca sejuta umat. Membahas masalah dengan bertatap muka langsung merupakan cara yang terbaik.

7. Hindari Membahas Masalah di Tempat Umum
Poin satu ini setali tiga uang dengan poin sebelumnya. Bertengkar di muka umum hampir sama dengan bertengkar di media sosial, hanya saja ini adalah versi layar lebarnya. Sering terjadi pasangan tidak dapat mengendalikan diri hingga ketika sedang ribut di tempat umum, misalnya saja pusat perbelanjaan, mereka tak jarang menjadi tontonan semua orang yang ada disitu. Anda tak mau kan mengalami hal yang sama seperti itu? Pilihlah lokasi yang tidak terlalu ramai.

Paket Pernikahan dan Wedding Organizer Profesional dan Recomended Di Yogyakarta.
Klik www.mantenyogya.com, dapatkan free konsultasi, dan cashback senilai 1Jt Rupiah.

 

Anda ingin berlangganan artikel kami Via Email? Silahkan masukkan alamat email anda. Lalu tekan tombol 'berlangganan' ikuti petunjuk selanjutnya. Lalu cek di inbox/bulk email anda.


https://lh5.googleusercontent.com/-130LoXHsChU/U1TG-CaUyXI/AAAAAAAADNE/4Jcm8pYElTU/s508/wedding.gif

http://artikelpernikahan.com/camilan.gif

  • http://artikelpernikahan.com/wp-content/uploads/2017/03/bakpia.gif


    artikelpernikahan.com

Artikel Yg Perlu Juga Di Baca :close